Selasa, 19 Januari 2010

Fakta atau Fiksi : wanita lebih cerewet di banding pria

Posted on Senin, 16 Juli 2007. Filed under: gender, komunikasi, sosial | Tags: |

Anggapan bahwa wanita lebih cerewet daripada pria seolah mendapat pembenarannya ketika belakangan ini dibahas kembali oleh buku-buku psikologi populer yang mengkontraskan perbedaan gender, seperti ”Why Men Don’t Listen & Women Can’t Read Maps” oleh Allan & Barbara Pease atau ”The Female Brain” oleh Louann Brizendine. Allan & Barbara Pease mengklaim wanita berbicara sebanyak 6000-8000 kata per hari, sedangkan pria hanya menggunakan 2000-4000 kata (patut dicatat bahwa ini bukanlah penelitian asli mereka, namun buku tersebut sama sekali tidak mencantumkan sumber kutipannya).

Brizendine, yang mengutip buku lain dari Allan Pease, memberikan klaim yang lebih bombastis: Wanita menggunakan 20000 kata sehari, sementara pria hanya menggunakan 7000 kata! Sekilas angka-angka tersebut ‘masuk di akal’ ketika kita dengan mudah bisa mengingat beberapa kejadian di mana seorang wanita berbicara begitu banyak (dan begitu cepat) sehingga pria hanya bisa duduk diam dan berusaha tidak mendengarkan. Namun benarkah pendapat tersebut?

Klaim Tak Berdasar Ilmiah

Keberatan awal telah diungkapkan oleh Mark Liberman, Trustee Professor of Phonetics dari University of Pennsylvania, mengenai kebenaran ilmiah klaim tersebut. Setiap buku yang memuatnya hanya (1) mengutip tanpa menyebutkan sumbernya, atau (2) mengutip sumber lain yang melakukan pengutipan tanpa menyebutkan sumbernya. Dari studi pustaka yang ia lakukan, ternyata hampir tidak ada satupun penelitian yang bisa membenarkan anggapan populer ini.

”The findings? According to a 1993 review of the scientific literature by researchers Deborah James and Janice Drakich, ‘Most studies reported either that men talked more than women, either overall or in some circumstances, or that there was no difference between the genders in amount of talk.’ The research since that review, including counts from my own research, follows the same pattern.”

Begitu pula mengenai klaim bahwa wanita berbicara lebih cepat daripada pria. Dalam bukunya Brizendine menulis bahwa wanita berbicara lebih cepat -250 kata per menit-, daripada pria yang hanya 125 kata per menit. Ketika memeriksa penelitian yang menjadi sumber dari pernyataan tersebut, Liberman sama sekali tidak menemukan data kecepatan berbicara berdasarkan jenis kelamin. Ditambah lagi, penelitian yang ia lakukan terhadap ribuan percakapan telepon berbahasa Inggris dan Cina menemukan bahwa pria berbicara 2 persen lebih cepat daripada wanita pada kedua bahasa, hasil yang termasuk kecil dibandingkan faktor-faktor lainnya.

Dibantah Oleh Penelitian Lain

Bantahan terakhir atas klaim ini dilakukan oleh James Pennebaker dan rekan-rekannya dari University of Texas, Austin. Mereka meneliti 400 mahasiswa di AS dan Meksiko berumur 19-25 tahun, yang selama beberapa hari mengenakan sebuah alat perekam khusus. Setiap 12 menit sekali, alat tersebut aktif secara otomatis dan merekam semua suara selama 30 detik ke depan, menghasilkan sebuah data yang cukup merata dibandingkan penelitian-penelitian sebelumnya. Hasilnya, wanita berbicara sekitar 16215 kata setiap harinya, sementara pria sekitar 15669 kata. Secara statistik, perbedaan ini tidak signifikan. Data juga menunjukkan bahwa pria bisa lebih cerewet, terlihat dari dikuasainya peringkat 1-3 pembicara terbanyak oleh pria, dengan yang tertinggi mencapai 47000 kata per hari!

Marianne LaFrance, profesor dalam bidang psikologi serta kajian gender dan seksualitas perempuan di Yale University, mengamini temuan Pennebaker dkk. Menurutnya, kalaupun ada perbedaan yang ditemukan, biasanya hal itu dipengaruhi oleh konteks pembicaraan. Pria juga bisa cerewet jika ‘nyambung’ dengan topiknya, seperti olahraga, finansial, atau hobi. Mereka bahkan cenderung berbicara lebih banyak dalam konteks profesional, sementara wanita diketahui lebih banyak membicarakan hubungan-hubungan sosial. Bagaimana dengan bergosip? Ternyata pria dan wanita sama seringnya membicarakan gosip, tambah LaFrance.

Sumber:

Fact-Checking ”The Female Brain” – The Boston Globe

Scientist Quiets Myth of ‘Chatterbox’ Females – Yahoo! Health

The Last Word: Men Talk As Much As Woman – LiveS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar